Kualitas Lingkungan Hidup di Indonesia Kian Merosot

Secara keseluruhan, kualitas lingkungan hidup di Indonesia kian merosot, menyusul terjadinya berbagai kerusakan, bencana alam, serta pergeseran musim.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Menteri Negara (Sesmen) Lingkungan Hidup (LH), Arief Yuwono, ketika melakukan rapat koordinasi regional se Sulawesi, Maluku dan Papua tentang ?Pengelolaan Lingkungan Hidup Tahun 2007?, di Gorontalo, Kamis. Ia mengemukakan, saat ini laju pencemaran dan tingkat kerusakan lingkungan meningkat,

sehingga kualitas secara otomatis menurun dan mempengaruhi kesehatan masyarakat. “Belum lagi ada bencana seperti banjir, longsor dan kekeringan,” kata dia. Sementara itu, lanjutnya, pada tingkat global telah terjadi perubahan iklim dunia, yang menyebabkan adanya pergeseran musim hujan dan kemarau, bencana banjir hampir di berbagai belahan bumi serta El Nino yang menjadi penyebab kemarau panjang. Tak hanya itu, kata dia, masalah lingkungan seperti pencemaran air, udara, Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS), hutan hujan tropika, ekosistem danau dan pesisir laut, semakin mengancam kehidupan masyarakat. “Berdasarkan hasil survey KLH tahun 2006, dari 5.037 responden hanya sekitar 13,82 persen yang mengungkapkan bahwa kondisi kualitas sungai di sekitar mereka bersih,” kata dia. Ia menambahkan, survey tersebut dilakukan di 22 kota dan 41 kabupaten, dari 32 propinsi di Indonesia. Menurut dia, hal yang sama juga terjadi dengan kondisi kualitas udara dan keberishan kota, sedangkan persepsi public terhadap program lingkungan hidup sangat kecil. “Program lingkungan hidup yang paling banyak dikenal oleh separuh responden hanya Adipura dan selebihnya menjawab tidak tahu,” ujarnya. Padahal, kata dia, saat ini program lingkungan hidup cukup banyak, seperti pemantauan kualitas dan tata lingkungan, pengkajian AMDAL, Langit Biru, Prokasih/Superkasih, Menuju Indonesia Hijau, pengendalian kerusakan panati dan laut, kebakaran hutan serta penegakan hukum. (Idionline/RoL)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: