Melatih Si Kecil Makan Sayur

Sayuran adalah salah satu sumber vitamin dan mineral yang penting untuk kelancaran semua proses metabolisme tubuh. Semua orang pun sadar akan khasiat sayuran ini. Tapi ada saja orang yang tak suka makan sayur.

Tips membiasakan Sejak Dini

  1. Beri ASI sejak lahir
    Selain mengonsumsi makanan terbaik, bayi yang mendapatkan ASI akan lebih mudah menyesuaikan diri untuk makan berbagai variasi makanan (termasuk makan sayur), dibanding bayi yang minum susu formula. Bisa jadi, hal ini karena bayi yang minum ASI juga terbiasa mencicipi aneka rasa dan aroma makanan yang dikonsumsi ibunya.
  2. Makanan padat pertama
    Banyak ahli menganjurkan untuk lebih dulu mengenalkan sayuran daripada buah-buahan. Alasannya, manusia dilahirkan dengan kecenderungan menyukai rasa manis, sehingga jika bayi sudah mengenal rasa buah lebih dulu, dikhawatirkan dia akan kurang menyukai rasa sayuran. Selain itu, jika  ingin si kecil menyukainya, cobalah terus diberikan dalam suasana yang menyenangkan (tidak dengan paksaan atau ancaman).

Bila anak sudah terlanjur tidak suka:

  1. Makan sayur bersama-sama
    Anak kecil gemar meniru perbuatan orang lain, terutama ibu dan ayahnya. Saat makan bersama, isilah piring dengan aneka sayuran, lalu jelaskan nama sayuran yang dimakan dan ceritakan khasiatnya kepada si kecil.
  2. Libatkan si kecil
    Jika anak sudah agak besar (sekitar 3-5 tahun), bisa mengajaknya menanam sayur di halaman atau membeli sayuran di pasar swalayan. Bahkan,  bisa mengolah sayuran bersama di dapur. Si kecil tentu ingin mencoba memakan apa yang telah dimasaknya.
  3. Sajikan dengan menarik
    Sajikan sayur menarik mungkin untuk menimbulkan selera makan si anak. Misalnya, jika memasak sup,  bisa membentuk potongan wortel menyerupai bunga matahari. Atau susun sayur dalam aneka variasi bentuk, warna dan rasa di atas piring sedemikian rupa, sehingga menarik untuk dilihat dan disantap. Berkreasilah bersama si kecil, agar imajinasinya terangsang.
  4. Sembunyikan sayur dalam makanan/ minuman
    Sayuran bisa dijadikan bagian dari makanan si kecil, terutama makanan favoritnya. Misalnya, potongan wortel atau jagung manis rebus sebagai campuran selada, roti, isi atau nasi goreng yang nikmat. Alternatif lain, sajikan dalam bentuk jus, seperti jus wortel, tomat atau mentimun, yang dicampur dengan sedikit madu/ gula dan es. Jangan lupa, hiaslah gelas dengan sedotan warna/warni, payung kecil atau kreasi lainnya, agar penampilannya menarik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: